Keindahan Arsitektur Masjid Masjid Tua Di Mesir

1. Masjid Ibn Toulun

Ini merupaka masjid ke tiga yang dibangun  setelah Masjid Amr bin Ash dan masjid Askar. Salah satu masjid tertua di Mesir ini adalah satu-satunya bangunan masjid yang masih dalam bentuk aslinya. Peletakan batu pertama masjid ini pada tahun 876 Masehi kemudian selesai dibangun pada tahun 879 Masehi, oleh Gubernur Abbassid Mesir Ahmad Ibn Toulun. Masjid ini dibangun di atas sebuah bukit kecil yang dinamakan jabal Yashkur, konon di bukit inilah bahtera Nabi Nuh  sempat berhenti. Walaupun kisah ini masih banyak diragukan kebenarannya namun orang-orang banyak yang mempercayainya kisah ini pula.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Masjid Al-Azhar

Masjid ini di dirikan pada tahun  970 Masehi pada masa kekhalifahan Fatimiyah merupakan masjid pertama di kota Kairo. Gami’ Al-Azhar dalam bahasa Arab berarti memiliki arti masjid paling megah, nama itu diasumsikan pula  pada gelar putri Rasulullah, Fatimah Az-Zahra (yang bersinar). Al-Azhar merupakan institusi terkemuka di dunia bidang teologi Sunni dan syariah. Universitas terintegrasi ke dalam masjid ini sebagai bagian dari sekolah masjid.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Masjid Sultan Hasan

Masjid Sultan Hasan  yang mempunyai  arsitektur menawan ini terletak di belakang benteng Qaitbay (Qaitbay Citadel). Walaupun usianya sudah ratusan tahun namun bangunan ini memiliki kekokohan, kekokohan  bangunan terlihat sangat jelas. Dahulu bangunan masjid ini berfungsi juga sebagai madrasah (sekolah).

 

 

4.  Masjid Sultan Al-Ghuri

Masjid ini berada dalam lingkup  kawasan yang sama dengan Masjid Al-Azhar, hanya berjarak sekitar 500 meter. Bangunan masjid ini  memang tidak terlalu terlihat dan tidak terlalu besar seperti masjid-masjid yang lain tetapi keindahan interior masjid mampu membuat kita berdecak kagum. Masjid ini juga berada di area perdagangan tekstil yang cukup ramai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  Masjid Muhammad Ali Pasha

Masjid Muhammad Ali Pasha ini bergaya arsitektur Turki ini berada di dalam Qaitbay Citadel. Masjid ini Dibangun antara tahun 1830 sampai dengan 1848 Masehi. Arsiteknya adalah Yusuf Bushnak dari Istanbul, Turki. Bangunan masjid ini  yang menjulang terlihat sangat indah karena letaknya yang berada di ketinggian.

 

 

Leave a Reply